Saturday, January 20, 2018

Tanean Lanjhang


Menjungjung tinggi tali kekerabatan merupakan ciri khas dari masyrakat Madura. Simbol-simbol yang mendukung hal ini dapa dilihat dari rumah adat yang sebagian besar masih terpelihara dengan rapi di berbagai pelosok di Madura. Salah satu daerah di Madura yang masih menjaga budaya tersebut adalah desa Larangan Timur kecamatan Tanjung Bumi kabupaten Bangkalan. Halaman panjang atau yang terkenal dengan sebutan Tanean Lanjhang adalah bukti kekerabatan masyarakat di daerah tersebut.
Tanean Lanjhang adalah pemukiman tradisional masyarakat Madura yang merupakan kumpulan rumah yang terdiri atas beberapa keluarga yang masih terikat dalam satu ikatan keluarga. Jarak antara satu rumah dengan rumah yang lain dapat dikatakan cukup dekat. Tanena Lajhang terbentuk dari beberapa rumah yang ditata berjejeran dan terdapat satu rumah induk yang berada di tengah-tengah. Sususan penempatan rumah sesuai pada hierarki dalam keluarga. Barat ke timur adalah arah yang menunjukkan tua-muda. Rumah yang ada di bagian barat ditempati oleh keluarga yang tua dan bagian timur ditempati keluarga yang muda.
Ikatan kekeluargaan menjadi sangat erat berkat diberlakukan sistem tersebut. Sedangkan ikatan dengan kelompok cenderung renggang, karena letak pemukiman yang menyebar dan terpisah.





No comments:

Post a Comment