Saturday, January 20, 2018

Saling Sapa Identik Mereka

Saling Sapa adalah Identik Mereka

Suasana Ramah Tamah (11/01/2018)

Adat istiadat di Larangan Timur beragam salah satunya dapat terlihat saat ada seseorang atau kelompok yang berkunjung ke desa tersebut. Dalam bahasa umumnya dapat disebut ramah tamah. Hal ini pun dapat menjadi ciri khas bagi masyarakat Larangan Timur. Masyarakat saling menyapa dengan baik dan kerendahan hati, selalu mencoba menjadi penerima tamu terbaik. Saat ada tamu yang mengunjungi rumah mereka, tidak segan masyarkat Larangan Timur menyempatkan diri untuk sekadar menyapa dengan baik. Menyiapkan keperluan tamu dengan baik saat berada di Larangan Timur merupakan hal yang sudah biasa dilakukan.
Kebiasaan ini sekaligus melangsungkan kegiatan silaturahmi antara masyarakat. Kegiatan ramah tamah dan silaturahmi dapat memberikan pengetahuan pada tamu tentang masyarakat yang didatanginya. Larangan Timur mengenalkan pada para tamu tentang hal yang dijadikan dasar dalam bermasyarakat di desa ini, bersikap rendah hati kepada sesama.
Pada saat kedatangan kami ke desa ini, sambutan yang mereka sediakan mungkin tidak sampai membuat langit bergumuruh. Sambutan masyarakat tersaji dengan suasana hangat namun memikat. Sambutan-sambutan yang disampaikan bukan seolah ucapan formalitas yang disampaikan undangan kepada tuan rumah, tetapi lebih mengena pada wejangan orang tua kepada anaknya.
Larangan Timur memberikan banyak pengetahuan baru, menjadi sosok yang dapat bersosial dengan baik.


No comments:

Post a Comment