Saturday, January 20, 2018

Jumat Berkilauan




Perkumpulan perempuan yang telah berkeluarga merupakan salah satu kegiatan yang berada di Desa Larangan Timur. Perkumpulan ibu-ibu desa diadakan satu minggu satu kali yakni pada hari jumat, pukul 14.00 wib. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan. Mulai dari yasinan, tahlilan,sharafatul anam (pembacaan diba’) bersama dan diakhiri dengan do’a bersama. Tak hanya itu, bahkan anak-anak kecil ikut serta dalam kegiatan ini. Dalam tiap pekan, rumah yang akan dijadikan tempat kegiatan ini tidaklah sama. Melainkan bergantian dari rumah yang satu ke rumah yang lainnya.


Sebelum kegiatan dimulai para perempuan saling berjabatan tangan. Jabatan tangan merupakan adat yang ada di Desa Larangan Timur dan bertujuan untuk mempererat persaudaraan. Setelah seluruh anggota dan ketua perkumpulan telah hadir, barulah acara dimulai. Mula-mula acara dibuka oleh ketua perkumpulan oleh ibu salihah dan disambung dengan pembacaan yasin yang dibacakan oleh pembaca tunggal serta yang lain mengikuti. Ketika pembacaan yasin usai, dilanjutkan dengan pembacaan tahlil bersama-sama. Pembacaan tahlil dipimpin oleh salah satu ibu-ibu desa dan tiap pekannya bergantian. Dilanjutkan dengan pembacaan sharafatul anam dengan penuh khidmat. Ditutup dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan pembagian suguhan layaknya acara pengajian lainnya serta pembagian tempat pengajian untuk jumat yang akan datang.

Kegiatan yang telah menjadi urat nadi para perempuan (ibu-ibu) Larangan Timur, sangat kental akan nilai persaudaraan dan keagamaannya.Rutinitas ini dilakukan tidak semata-mata untuk mengisi waktu luang ibu-ibu desa yang hanya menjadi ibu rumah tangga sedangkan para bapak-bapak bekerja di ladang. Namun, untuk mengisi hal yang bernilai pahala karena hari jumat merupakan hari yang sangat baik dalam segi pandang islam. 

No comments:

Post a Comment