Wednesday, August 3, 2016

Topografi dan Demografi Desa Larangan Timur

Topografi
 Dataran bumi desa Larangan Timur terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, karena desa ini mencakup dimensi area yang cukup luas untuk sekelas desa di pedalaman. dengan keunggulan lingkungan yang agamis serta  masih sangat kental dengan kebudayanan lokalnya. Kondisi tanah atau jenis lahan di sini merupakan lahan tadah hujan yang memang merupakan mata pencaharian warga seikitar yakni di sektor pertanian.

Peta Desa Larangan Timur


Demografi
 Desa larangan Timur, merupakan desa di kecamatan Tanjung Bumi, jalur yang ditempuh adalah jalur pantura. desa ini mempunyai Keliling atau Luas wilayah kurang lebih sekitar 49 Km dengan, ukuran yang cukup luas untuk sebuah desa di pelosok kecamatan.

 Jumlah penduduk desa ini sekitar 5.615 jiwa, termasuk juga balita, pemuda, dewasa dan lansia. Luasnya Radius area desa juga mempengaruhi padatnya jumlah penduduk di desa Larangan Timur ini. 

 Dari analisa kependudukan desa Larangan Timur bisa dikatakan supplayer pekerja ke luar daerah seperti Provinsi Kalimantan atau bahkan ke luar negeri seperti Arab Saudi dan Malaysia. pada umumnya mata pencaharian warga yang keluar daerah maupun luar negeri di dominasi kalangan Pemuda desa.

 Tingkat pendidikan warga desa yang masih banyak dibawah rata rata membuat Sumber daya manusia (SDM) di desa Larangan Timur ini sangat kecil. rata-rata tingkat akhir pendidikan pemuda desa adalah tingkat SMP atau sederajat

 Warga desa Larangan Timur merupakan suku atau etnis asli Madura alias penduduk pribumi. mayoritas atau bisa dikatakan hampir seluruh warga beragama Islam. dari nilai mayoritas itulah banyak juga penduduk warga yang menjadi santri ke kota atau ke daerah lain, sisi menonjol di bidang agama dan kesantrian itulah yang membuat desa ini mendapat julukan DESA SANTRI.

No comments:

Post a Comment