Friday, August 5, 2016

Langkir Bakar Ala Desa Larangan Timur

Gambas atau oyong atau masyrakat Madura sering menyebutnya dengan langkir (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), adalah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur.

Tanaman ini sangat mudah dijumpai di semua tempat, termasuk juga di Desa Larangan Timur. Sayur ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula. manfaat didapat dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong dapat menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Gambas biasanya diolah menjadi sayur bening.
Namun berbeda di Desa Larangan Timur. Masyarakat Desa Larangan Timur mengolah gambas dengan cara dibakar kemudian diberi saus atau sambal kacang. Hal ini membuat keunikan tersendiri di Desa Larangan Timur karena diolah dengan cara yang berbeda. Biasanya masyarakat sekitar memadukannya dengan ikan asin dan nasi hangat. Bayangkan betapa nimkatnya memakan langkir bakar dengan ikan asin dan nasi hangat dengan pemandangan desa yang masih asri.

No comments:

Post a Comment