Wednesday, August 3, 2016

Batik

Proses Penulisan Pola Batik


   Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Batik asal Indonesia berasal dari berbagai macam daerah, salah satunya dari madura.

   Batik Madura adalah salah satu bentuk seni budaya, batik tulis Madura banyak diminati dan populer dengan konsumen lokal dan internasional. Dengan bentuk khas dan motif batik tulis Madura memiliki keunikan sendiri untuk konsumen. Gaya dan berbagai unik dan bebas, sifat pribadi produksinya dilakukan di unit, mereka masih mempertahankan produksi tradisional, yang ditulis dan diolah dengan cara tradisional.

    Kebanyakan orang mengenal batik tulis Madura dengan karakter yang kuat, yang dicirikan oleh bebas, dengan warna yang berani (merah, kuning, hijau muda). Tapi jarang yang mengetahui bahwa batik Madura mungkin telah lebih dari seribu motif dan paling terkemuka di pasar batik di indonesia maupun mancanegara. Sejarah mencatat produsen batik Madura yang cukup terkenal. Apa yang membuatnya menjadi seperti itu, mungkin karena kedua komoditas tersebut merupakan bagian integral dari tradisi masyarakat mereka sendiri.

    Seperti pada masyarakat di desa Larangan Timur yang juga sebagian besar masyarakatnya adalah pengerajin batik. Masyarakat di sini hampir semua aktifitasnya adalah pengerajin batik terutama yang perempuan. Ibu-ibu di sini menerima pesanan dari para pedagang yang ada di Tanjungbumi. Karena masyarakat desa Larangan Timur sudahh terkenal dengan kepawaiannya dalam membatik. Pekerjaan membatik ini juga menjadi salah satu sumber pendapatan di desa Larangan Timur.

No comments:

Post a Comment